Skip to main content

Sejarah Tafsir Jalalain

Sejarah Tafsir Jalalain

Biografi Jalaluddin al-Mahally dan Jalaluddin As-Suyuthi; Penulis Tafsir Jalalain 

 Bismillahirrohmanirrohim...

Tafsir Jalalain adalah salah satu kitab tafsir dari sekian banyak kitab tafsir hasil karya tulis ulama terdahulu yang sangat populer hingga sekarang. Kitab tafsir ini termasuk kitab tafsir yang pembahasannya menjurus kepada penganalisaan segi asal-usul kata-katanya, susunan kalimat, dan segi bacaannya. Atau dapat dikatakan sebagai kitab tafsir yang melebihkan segi pembahasan ilmu sharaf,  Nahwu, dan qira'ahnya. Hal ini karena al-Qur'an diturunkan dengan memakai bahasa Arab sehingga untuk memahami Alquran dengan pemahaman yang benar, kita dituntut untuk memahami faktor-faktor di atas sebagai modal dasarnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, Kitab Tafsir Jalalain ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin mendalami tafsir al-Qur'an.

Kitab Tafsir Jalalain ada 2 jilid, yang ditulis oleh dua ulama
  1. Surat Al-Baqarah sampai surat al-Isra' ditulis oleh Jalaluddin As-Suyuthi. 
  2. Surat Al-Kahfi sampai surat An-Naas ditulis oleh Jalaluddin Al-Mahally. demikian juga surah Al-Fatihah.
Dinamakan Kitab Tafsir Jalalain karena ditulis oleh dua orang yang nama depannya sama-sama "Jalaluddin"
 
Faktor yang mendorong Penulisan Tafsir Jalalain
  1. Jalaluddin Al-Mahally; beliau termotivasi menulis kitab tafsir ini karena melihat adanya kemerosotan penggunaan bahasa Arab secara kaidah, akibat pembauran atau interaksi dengan bangsa-bangsa lain yang tidak berbahasa Arab seperti bangsa Turki, Persia, India dan bangsa-bangsa lain yang sudah memeluk Agama Islam. sejak saat itu Orang Arab tidak memiliki dzauq yang asli, mereka yang masih berbahasa arab dengan benar dan fasih terbilang minoritas, karena mayoritas bahasanya sudah tidak sesuai kaidah yang benar. Padahal Alquran ditulis dalam bahasa Arab. Beliau mulai menulis tafsir dari surat Al-Kahfi hingga surat An-Naas. Kemudian Beliau menafsirkan surat Al-Fatihah, Namun Beliau dipanggil ke rahmatullah ketika Beliau masih menulis kitab tafsirnya yang baru mencapai separuh dari Alquran. 
  2. Jalaluddin As-Suyuthi. banyak kalangan yang mendesak Beliau untuk melanjutkan menulis tafsir Imam Jalaluddin Al-Mahally. Pada tahun 870 H Beliau menuliskan lanjutan tafsir pendahulunya yang konsepnya dapat diselesaikannya dalam waktu 40 hari, yaitu dari awal bulan Ramadhan sampai tanggal 10 bulan Syawal, dan selesai sepenuhnya pada tahun 871 H.
Biografi Jalaluddin Al-Mahally

Nama aslinya ialah Muhammad ibnu Ahmad ibnu Muhammad ibnu Ibrahim Al-Mahalli Asy-Syafi'i.  Beliau dilahirkan pada tahun 791 Hijriyah di Mesir , dan meninggal pada permulaan 864 Hijriyyah. Beliau adalah seorang yang sungguh-sungguh menekuni berbagai ilmu agama, antar lain nahwu, sharaf, fiqih, usul fiqh, tauhid, dan mantiq. Beliau berguru kepada al-Burhan Al-Bajuri, Al-Badr Mahmud Al-Aqsara'i, Al-A'la al-Bukhari, Asy-Syams Al-Basati, dan lainnya.

Di masanya Beliau adalah seorang 'alamah terkemuka, terkenal pandai dalam pemahaman masalah-masalah agama, sehingga sebagian orang menyebutnya sebagai orang yang memiliki pemahaman yang sangat brillian melebihi kecemerlangan berlian. Tapi Beliau sendiri mengatakan bahwa dirinya kurang mampu banyak menghafal. Beliau juga terkenal seorang ulama yang wara' dan saleh, selalu ber-amar ma'ruf nahi munkar, dan konsisten pada pemahaman salaf, meskipun harus mendapat cacian orang ketika membela perkara yang haq.

Beliau selalu berpegang teguh kepada kebenaran dalam menghadapi penguasa yang dzalim. Beliau tidak terpengaruh oleh mereka meskipun sering datang mengunjunginya, bahkan mereka tidak diperkenankan masuk menemuinya. Suatu ketika Beliau ditawari jabatan qadhi terbesar di negerinya, tetapi tidak menerimanya. Beliau lebih suka memegang majelis tadris fiqih di Al-Darquqiyyah dan Al-Muayyidiyah.

Kitab yang ditulis Beliau menjadi pusat perhatian banyak orang bahkan dijadikan sebagai pengangan mereka dalam belajar. Kelebihan kitab yang Beliau tulis terletak pada gaya bahasanya sangat ringkas, ungkapannya fasih, uraiannya data-datanya lengkap dan terseleksi, dan penyelesaiannya sangat jelas. Diantara karya tulisnya ialah Syarah al-Minjah (Tentang fiqih Syafi'i), Syarah Jam'ul Jawami' fil Usul, dan Syarah al-Waraqat (tentang ushul fikih); karya lainnya ialah tafsir ini.
 
Biografi Jalaluddin As-Suyuthi
 
Nama aslinya adalah Abul Fadl alias Abdurrahman ibnu Abu Bakar ibnu Muhammad As-Suyuthi, lahir pada bulan Rajab tahun 848 Hijriyah, meninggal pada malam Jum’at tanggal 19 bulan Jumadil Ula tahun 911 Hijriyah. Ia seorang hafidz hadits, musnid, muhaqiq, dan sudah hafal Alquran ketika beliau berusia 8 tahun, serta sudah banyak menghafal kitab karya para ulama di masanya.

Orang tuanya meninggal dunia ketika Beliau berusia 5 tahun, lalu pengasuhannya diwasiatkan kepada beberapa ulama, antara lain Al-Kamal ibnul Hammam. Beliau belajar dari banyak guru; menurut perhitungan muridnya yang bernama Ad-Daudhi, guru beliau ada 51 orang, dan hasil karyanya lebih dari 500 buah. Selain itu, Beliau juga seorang yang piawai dalam kecepatan (menurut Ad-Daudi dalam satu hari pernah beliau mampu menulis sebanyak tiga fel karya tulis).

Ketenaran hasil karyanya tidak ditersembunyi lagi karena sudah menyebar ke seluruh kawasan Timur dan Barat dan diterima oleh banyak orang. Ketika usia 40 tahun, beliau istirahat dari kegiatan menulisnya dan mengisi sisa usianya hanya untuk beribadah kepada Allah swt. Sehingga beliau tinggal di Raudatul Miqyas sampai meninggal dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Tafsir Surat Thaha Ayat 81, 82, 83, 84, 85

Tafsir Surat Thaha Ayat 81, 82, 83, 84, 85 Tafsir Surat Thaha Ayat 81 كُلُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا فِيهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي ۖ وَمَن يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي فَقَدْ هَوَىٰ (Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah kami berikan kepada kalian) yakni nikmat yang telah dilimpahkan kepada kalian (dan janganlah melampaui batas padanya) seumpamanya kalian mengingkari nikmat-nikmat itu(yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpa kalian) bila dibaca Yahilla artinya wajib kemurkaan-Ku menimpa kalian. Dan jika dibaca Yahulla artinya, pasti kemurkaan-Ku menimpa kalian (Dan barang siapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku) lafal Yahlil dapat pula dibaca Yahlul (maka sungguh binasalah ia) terjerumuslah ia ke dalam neraka. Tafsir Surat Thaha Ayat 82 وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِّمَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ (Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat) dari kemusyrikan (dan beriman)mentauhidkan Allah (dan beramal saleh) yakni mengamalkan far...

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 111, 112, 113, 114, 115

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 111, 112, 113, 114, 115 Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 111 وَقَالُوا لَن يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَن كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ ۗ تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ 111. (Dan mereka, orang-orang Yahudi dan Kristen, mengatakan,   "Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang beragama Yahudi atau Kristen." ) Ucapan ini dikeluarkan oleh orang-orang Yahudi Madinah dan Kristen Najran tatkala mereka berbantahan di hadapan Nabi saw. Kata Yahudi,   "Hanya orang Yahudilah yang akan masuk ke dalamnya."   Orang Kristen menjawab,   "Surga itu tidak akan dimasuki, kecuali oleh orang Kristen." (Demikianlah itu)   yakni ucapan mereka itu   (hanyalah angan-angan mereka saja)   artinya keinginan kosong belaka. (Katakanlah)   kepada mereka,   (Tunjukkanlah bukti kebenaranmu)   yaitu hujah atas yang demikian itu   (jika kamu orang yang benar)  ...

Tafsir Surat Maryam Ayat 56, 57, 58, 59, 60

Tafsir Surat Maryam Ayat 56, 57, 58, 59, 60 Tafsir Surat Maryam Ayat 56 وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا (Dan ceritakanlah kisah Idris di dalam Alquran) Nabi Idris adalah buyut Nabi Ibrahim atau ayah kakek Nabi Nuh(Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi). Tafsir Surat Maryam Ayat 57 وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا (Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi) ia masih tetap hidup sampai sekarang bertempat di langit keempat atau keenam, atau ketujuh atau berada di dalam surga. Ia dimasukkan ke dalam surga setelah terlebih dahulu mencicipi rasanya mati lalu dihidupkan kembali, setelah itu ia tidak mau keluar lagi dari dalam surga. Tafsir Surat Maryam Ayat 58 أُولَٰئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ مِن ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِن ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا...